Rabu, 08 Januari 2014

SYUKUR



Pengajian  rutin minggu malam senin tanggal 5 Januari 2014 oleh Ustad Zubaidi , disaripatikan secara bebas oleh slamet sumarto, ST.
Tempat  masjid Panglima Besar Sudirman Kebalenan Indah , dihadiri oleh jama’ah pria 21 orang dan jama’ah ibu – ibu  sebanyak 9 orang ,  waktu pelaksanaan mulai pk 18.10 sesudah sholat magrib berjamaah  sampai pk 18.50 ditutup dengan sholat Isya’ berjama’ah.

Tema :  10 sifat terpuji yang tercatat oleh Iman qozali .
Yang perlu kita renungkan , perlu kita amalkan disetiap hari disetiap keadaan , antara lain sbb :
1.    Syukur
Dalam bahasa tasawuf , pengertian syukur ialah mentasa’arufkan , menggunakan , mengfungsikan semua aset nikmat Allah yang diberikan kepada kita baik yang nampak maupun yang tidak nampak sesuai dengan fungsi dan gunannya secara optimal dijalan yang di ridhoi oleh Allah  . Contoh : Telinga , kita gunakan untuk mendengar , Mata kita gunakan untuk melihat . Memfungsikan kaki untuk berjalan  sesuai dengan ridho Allah termasuk menggunakan mata untuk melihat hal – hal yang baik , jangan sebaliknya menggunakan mata untuk melihat hal – hal yang tidak diridhoi Allah , itu namanya tidak syukur , tetapi kufur . Nikmat Allah itu ada 2 macam yaitu nikmat yang diberikan secara material dan ada juga nikmat yang bersifat immaterial. Contoh , Oksigen yang masuk ketubuh kita perhari tidak kurang dari 10 liter , sementara harga 1 galon oksigen di rumah sakit sekitar 1 juta lima ratus ribu , inilah contoh nikmat Alllah  yang immaterial yang tidak nampak .

Mengimplementasikan Syukur itu ada 3 cara yaitu , 1. Dengan meyakininya didalam hati . Mengakui bahwa semua yang ada didunia ini adalah fardhol dari Allah SWT . Mengakui dan meyakini bahwa apa yang kita terima saat ini adalah murni dari Allah SWT.  Contoh , Tidak boleh kita berucap pada istri kita “Dik ....,  kalau saya tidak bontang banting kita tidak akan mungkin hidup seperti ini”.  Tidak ada rejeki yang kita terima itu kecuali dari Allah.  Bekerja itu sebagai ichtiar bukan penentu hasil .
2.         Syukur kedua diucapkan secara lisan , dengan cara memperbanyak memuja Allah dengan mengucap Alhamdullilah dll. Bentuk - bentuk nikmat dari Allah boleh diceritakan kepada orang lain , ini juga bagian dari implementasi lisan kita tentang syukur. Contoh , “Alhamdullilah mas .... kami sudah berhasil mensekolahkan anak sehingga lulus sarjana , hal ini semata mata karena nikmat Allah “ dst.
3.         Syukur ketiga  yaitu syukur dengan anggota badan , alhamdullilah kita diberi Allah fisik yang sempurna . Kita gunakan anggota badan kita untuk berbuat sesuatu yang diridhoi Allah . 

Nikmat Allah yang kita dapatkan dengan cara yang halal tetapi kita gunakan untuk kegiatan yang tidak halal (maksiat kepada Allah) maka disebut sebagai “kufur nikmat” .  Contoh , dapat bonus 2 juta tetapi diberikan istri hannya 1 juta yang satu juta digunakan untuk kegiatan yang tidak baik    beli togel misalkan , ini termasuk kufur nikmat  . Hukuman kufur nikmat itu dosa. Contohnya,   misalkan kita punya perhiasan emas yang kita simpan selama 1 tahun wajib hukumnya untuk dikeluarkan zakatnya . ( emas (sesuai nisabnya 84 gram) disimpan 1 tahun wajib dikeluarkan 2,5 % zakatnya ).  Yang syukur atas nikmat Allah berarti sudah mengikat nikmat tersebut . yang kaya jangan lupa mengeluarkan zakatnya .  Kalau kita diberi nikmat oleh Allah agar dijaga , caranya syukuri dan gunakan sesuai dengan fungsinya . Maksiayat akan menghilangkan nikmat itu . Syukurlah secara kontinuyu , kalau kita lupa bersyukur Allah dapat menghilangkan nikmat itu dalam sekejab .

SESI TANYA JAWAB.
Pertanyaan :
-          Salim  , menanyakan ukuran emas yang harus dizakati
+     batas minimal emas yang harus dizakati sesuai nisabnya 84 gram , walaupun ada juga paham yang mengatakan nisabnya 90 gram , dibawah itu tidak wajib dijakati .

-          Haris , menanyakan bagaimana hukumnya kalau upaya – upaya yang halal tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan yang haram .
+    misalkan , Uang hasil dari korupsi untuk nyumbang masjid. Uang haram yang dimanfaatkan untuk sesuatu yang baik tidak dapat ganjaran . uangnya tidak ikut salah tetapi pelakunya yang salah . harta yang haram di sodaqohkan tidak apa apa , tetapi yang memberikan tidak dapat ganjaran , tetap berdosa . 

-          Margono . Kondisi terdekat antara manusia dengan Tuhannya adalah saat sujud . Nabi pernah berkata bahwa diakhir zaman nanti Islam akan pecah menjadi 73 golongan , hanya 1 golongan yang akan masuk surga . Mohon pencerahan !
+     Tuhan bahkan lebih dekat dari urat leher kita , memang benar pada saat sujud kita boleh menambahi dengan doa – doa lainnya sebagai tanda kedekatan kita dengan Tuhan . Tetapi jangan sampai terucap dengan lisan ( dlm bhs jawa ) , karena dalam posisi sholat seluruh lafad harus bahasa arab , tetapi boleh dalam hati. 
+     Nabi Muhammmad 14 abad yang silam pernah menyampaikan bahwa kelak umatku akan terpecah menjadi 73 golongan hanya 1 yang kelak masuk surga , yang satu ini wallahi tidak ada yang tahu , yang tahu hanya Allah . Siapakah yang satu itu nabi ?, tanya sahabat . Ada riwayat yang mengatakan
-          Ahli sunah wal  jamaah
-          Al Jamaah,  jamaah , jamah
Untuk itu cara mengukurnya adalah kita harus punya cantolan secara vertical . Kalau kita sudah mengamalkan amalan nabi kita , para sahabat dan ulama pewarisnya sampai hari ini , kita akan selamat .  Ulama yang kita ikuti saat ini jelas rentetan hirarkinya , beliau adalah murid dari guru – guru sebelumnya , yang kalau ditarik keatas akan ketemu dengan garis tuntunan nabi Muhammmad SAW. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar